SIT In MOS 2018 SDIT Anak Sholeh Praya

SIT in MOS 2018 SDIT Anak Sholeh Praya

MOS adalah kegiatan yang rutin dilakukan setiap sekolah ketika tahun ajaran baru dengan seluruh siswa baru. Tujuan MOS secara umum salah satunya adalah mengenalkan siswa baru dengan lingkungan sekolah yang baru.
Biasanya istilah MOS dilakukan di tingkat SMP/Mts dan SMA/MA, namun sekarang tidak ketinggalan juga untuk tingkat yg lebih bawah lagi seperti SD/MI.

Konsep MOS SD memang akan lebih berkesan untuk dunia anak ketika dibungkus dengan berbagai macam kegiatan yang menarik. Hal ini ditunjukkan pula oleh sekolah kami, Sdit Anak Sholeh Praya. SIT IN MOS 2018 kali ini, kami persembahkan murni layaknya dunia anak yang dihiasi dengan berbagai kegiatan yang dapat menyegarkan dan menyenangkan anak-anak, dengan tujuan anak bisa nyaman dan menganggap sekolah baru menjadi sebuah taman belajar sekaligus taman bermain dan berkreasi sesuka hati sesuai bakat dan minat yang dimiliki setiap mereka.
Sdit Anak Sholeh Praya meluncurkan tema MOS tahun ini adalah “Sekolah baru, istana kreasiku”. Hal ini dibuktikan ketika anak-anak antusias berkreasi dengan berbagai kegiatan yang disuguhkan oleh pihak sekolah, khususnya panitia MOS. Sekolah ibarat istana bagi anak-anak, karena di sekolah anak mulai belajar menjadi pemimpin yang didambakan oleh teman-temannya, guru-gurunya dan terutama bagi kedua orang tuanya.

Hari pertama MOS kegiatan diawali dengan penyambutan siswa baru oleh semua ustadz dan ustadzah, tidak lupa dengan berbagai atribut serta kostum yang menarik perhatian siswa baru, salah satunya dengan mahkota sesuai dengan tema besar MOS tahun ini. Anak-anak diajak menyegarkan fisik dan pikiran terlebih dahulu dengan senam dan murajaah bersama di lapangan, sehingga anak-anak mulai enjoy mengakrabkan diri dengan teman-teman begitupun dengan ustadz-uatadzahnya. Sebelum beranjak pulang, anak-anak dilatih menjaga kebersihan dan berjiwa kasih sayang yang nantinya akan ditunjukkan kepada ayah bundanya dengan berkreasi menghias donat sebagai kado terindah yang mereka persembahkan.

Berbeda dengan hari pertama MOS yang mengkhususkan siswa berkegiatan di masing-masing kelas supaya terlbih dahulu mengenal lingkup kecil di dalam kelasnya, baik temannya maupun wali kelas dan guru kelasnya. Hari kedua difokuskan di lapangan dengan berbagai tantangan yang diadakan melalu games seru yang dapat melatih kekompakan siswa antar kelasnya. Games ini menambah keseruan acara MOS dengan menumbuhkkan tawa dan semangat antar kelas yang berlomba-lomba meraih juara dalam beberapa games. Setelah itu, siswa didampingi para ustadz-ustadzah diajak berkeliling, melihat dan memperkenalkan lingkungan sekolah dalam lingkup yang besar, supaya anak-anak tahu dan merasa memiliki sekolah barunya.

Hari ketigapun bernuansa ceria, siswa dikumpulkan menjadi satu di lapangan maupun di aula dengan tujuan siswa saling kenal dengan siswa yang kelasnya berbeda. Hal ini diharapkan dapat mempersatukan mereka dalam setiap kegiatan yang melibatkan mereka. Kebersamaan itu ditunjukkan ketika proses tahaddu tahabbu ( tukar kado) dan menghias sekolah tercinta dengan mengajak anak-anak berkebun, yakni menanam bunga serta menata tanaman tersebut di lingkungan sekolah.
Kecintaan anak-anak terhadap sekolah baru mulai diwujudkan dengan MOS yang dirancang sedemikian rupa, sehingga tujuan dari MOS dan harapan dari semua guru kepada siswa baru bisa terwujud.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *