“Outdoor Learning SDIT Anak Sholeh Praya dengan Tema “Pengalaman yang Berkesan”

Tematik, biasanya pembahasannya diulang-ulang, baik itu Bahasa Indonesia, Matematika, SBdP maupun PPKn. Semua materi di setiap pertemuan hampir sama.
Sehingga bisa dibayangkan tanpa sesuatu suguhan pembelajaran yg menarik, dipastikan mood anak-anak untuk menerima materi pelajaran akan berkurang.

Media adalah hal paling penting untuk menunjang mood tersebut. Banyak hal yg bisa dijadikan media pembelajaran, mulai dari instrumen yg ada di dalam kelas, atau instrumen yg dibuat bersama dalam proses pembelajaran, bahkan lingkungan di luar sekolah merupakan media nyata yang dapat menstimulasi perkembangan anak agar lebih banyak mengambil pelajaran di sekitarnya.

Senin 28 Januari 2019 bertempat di Masjid Agung Praya, SDIT Anak Sholeh Praya mengadakan Out Door Learning. Kegiatan yang ditunggu-tunggu ini rutin dilakukan sebagai sarana peningkatan kapasitas pembelajan.

Belajar di alam akan lebih mudah membuka cakrawala berpikir siswa. Siswa akan merasakan dan melihat secara langsung materi yang diajarkan. Moment inilah yang sangat berkesan di relung hati setiap anak didik.

“Ooh…” kata itu terdengar hampir di sebagian besar mulut anak-anak. Senyum ceria tampak jelas di raut muka mereka. Mereka baru menyadari kalau di sebagian halaman Masjid Agung ternyata terdapat contoh kolase. Sebuah karya seni dua dimensi yang menggunakan berbagai macam paduan bahan dan warna.

Hal tersebut semakin menarik ketika anak-anak diajak berjalan mengelilingi halaman masjid. Sambil sesekali bernyanyi dalam barisan rapi dan tertib, seolah-olah seperti sedang bermain.

Setelah puas jalan-jalan dan menyegarkan pikiran, akhirnya anak-anak berada pada puncak kegiatan yaitu praktik membuat gambar kolase dengan memanfaatkan kulit telur dan dedaunan kering yang berjatuhan di halaman masjid. Secara bergiliran mereka dibagikan kertas bergambar buah. Satu persatu mengoleskan lem di kertasnya. Mereka khusyuk menempel serpihan kulit telur yang telah dipotong kecil-kecil dan menempel dedaunan seperlunya.

Beberapa lama setelah karya masing-masing dikeringkan dibawah sinar mentari pagi, kami lanjutkan dengan pengambilan nilai pembacaan puisi berjudul “Kasih Ibu”.
Anak-anak masih berkumpul sesuai kelasnya dengan memilih tempat-tempat yang rindang ditemani angim sepoi-sepoi.
Pengambilan nilai membaca puisi semakin seru dengan iringan irama musik yang menyatu dengan isi puisi. Bahkan setelah pengambilan nilai berakhir, kami.. ustadz dan ustadzah beserta anak-anak menyanyikan lagu “Kasi Ibu” bersama-sama ditemani hiburan-hiburan kecil dari anak-anak yang menggemaskan.

Akhir yang berkesan, bukan ??

Jam menunjukkan waktu pulang, tanggung jawab yg ditanamkan pada anak-anak tetaplah sebuah tanggung jawab. Salah satu pembiasaan baik yg kami tanamkan adalah mengamalkan hadits tentang “kebersihan sebagian dari iman”. Alhamdulillah, dengan kompak anak-anak membuang sampah yang tertinggal di sekitarnya.

Setelah doa bersama dipanjatkan, tibalah waktu penjemputan.
Harapannya untuk kegiatan hari ini, semoga berkesan di hati setiap anak 💝 Aamiin

OutdoorLearning_Kelas_1

SDIT_AnakSholehPraya_Keren

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *