HABIT, Sarana Belajar Penuh Hikmah dan Meningkatkan Ketakwaan Siswa

0
122

Praya (18/01) – SDIT ASHOPA kembali mengadakan kegiatan rutin Hari Bina Iman dan Takwa (HABIT) yang diikuti oleh seluruh siswa kelas 1-3, yang berjumlah 216 siswa. HABIT dilaksanakan langsung di sekolah pada Sabtu, (14/01).

Rangkaian kegiatan HABIT dilaksanakan secara terarah dan teratur sesuai dengan rundown acara yang telah dibuat sebelumnya. Siswa pada levelnya ditemani oleh wali kelasnya masing-masing dan ditambah beberapa ustadz/ ustadzahnya, dengan tujuan kegiatan bisa diikuti dengan maksimal oleh semua siswa.

Kegiatan dimulai dari jam 07.00 dengan happy morning di lapangan sekolah. Happy morning di isi dengan senam bersama dari level 1 sampai dengan level 3. Usai happy morning, guru mengarahkan siswa untuk melaksanakan sholat dhuha bersama di kelas masing-masing. Pada pukul 08.30, siswa berkumpul di satu ruangan bersama sesuai levelnya untuk kemudian di berikan materi. Materi pada level 1 berisi tentang berwudhu dan praktiknya, level 2 tentang adzan, dan level 3 tentang khulafaur rasyidin. Penyampaian materi berlangsung sampai dengan pukul 09.30. Setelah penyampaian materi selesai, siswa diperbolehkan istirahat selama 15 menit sambil diajarkan adab-adab islami, seperti adab makan dan bergaul.

Kegiatan dilanjutkan dengan pemberian materi kedua. Sebelum itu guru mengajak siswa bermain game dan membagikan reward, tujuannya untuk mencairkan suasana dan membuat mereka bersemangat kembali, sehingga mudah menyerap materi yang akan diberikan. Materi pada sesi ke dua ini berisi tentang Birul Walidain tujuannya yaitu untuk menumbuhkan sikap kecintaan dan perbuatan baik anak terhadap orang tuanya. Materi disampaikan dengan baik sampai akhir kegiatan. Pukul 12.00 kegiatan selesai dan dilanjutkan dengan kegiatan persiapan pulang.

Dengan demikian, besar harapan bahwa rangkaian kegiatan HABIT tersebut dapat meningkatkan ketakwaan siswa dan memberikan himkah, pelajaran yang berarti bagi siswa, sehingga dapat diaplikasikan pada kehidupannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here