“Perintahkan anak-anak kalian shalat pada usia 7 tahun, pukullah mereka jika meninggalkannya pada usia 10 tahun dan pisahkan di antara mereka tempat tidurnya”. (HR. Ahmad dan Abu Dawud)

Hadits di atas adalah salah satu tuntunan Rasulullah SAW bahwa anak yang sudah memasuki usia akil baligh haruslah dipersiapkan, dituntun dan dibimbing. Sebagai wujud kepedulian SDIT Ashopa terhadap tumbuh kembang siswa kelas 6 di masa menuju akil balighnya, maka kami mengadakan program HABIT khusus untuk kelas 6 yang alhamdulillah telah terlaksana dengan lancar pada hari sabtu, 20 februari 2021 pukul 08.00-11.30 wita di ruang kelas 6.

Agenda HABIT dimulai dengan pembukaan. Semua siswa putra dan putri di ruang terpisah mengawali agenda dengan tilawah bersama yang kemudian dilanjutkan dengan mereview hafalan Asma’ul husna serta beberapa hadits Arba’in. Agenda kemudian dilanjutkan dengan penyampaian materi “Persiapan Menghadapi Masa Aqil Baligh”, yang disampaikan langsung oleh Ustadz H. Heri Eldani, S.PdI dan Ustadzah Inna Nurfitriana, Lc. Materi ini sangat menarik dan sangat sesuai dengan kebutuhan Ananda kelas 6. Hal ini nampak dari antusiasnya Ananda menyimak materi dan banyaknya yang bertanya ketika sesi tanya jawab, terutama di kelompok putri. Tentu saja pertanyaan yang muncul seputar tanda-tanda baligh yang ternyata sudah mulai dialami oleh Ananda saat ini. Bahkan setelah sesi berakhir, masih ada beberapa siswa yang berkonsultasi secara pribadi ke ustadzah Inna selaku pemateri.

Materi berlanjut sesi berikutnya yaitu membekali Ananda dengan materi “Training Manajemen Diri”. Training ini disampaikan oleh Ustadzah Nurhayati, S.Pd, M.Pd dan Ustadzah Baiq Fitriah, S.Pd. Training diberikan sebagai bekal untuk Ananda agar memiliki skill dan keterampilan memanage diri menghadapi jenjang yang lebih tinggi nantinya. Pemateri memberikan tindak lanjut dari Training ini berupa pembuatan list/catatan oleh Ananda tentang rencana kegiatannya kedepan serta cita-cita Ananda dalam sebuah tulisan yang akan dikumpulkan langsung kepada pemateri.

Berakhirnya acara Habit, menyemburatkan harapan di benak semua guru-gurunya bahwa Ananda bisa pulang membawa ilmu dan semangat baru. Semoga ananda semua mendapatkan keberkahan dan kemudahan untuk menerapkan ilmu yang didapatkan dalam kehidupan sehari-hari. Aamiin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here