Psikotes minat bakat siswa dilaksanakan dari pada tanggal 13-21 Januari 2021. Pesikotes berlangsung di beberapa ruang kelas SDIT Anak Sholeh Praya dengan mendatangkan 7 Tester gabungan dari beberapa daerah, yakni Lombok Timur, Lombok Tengah dan sumbawa. Psikotes diikuti oleh seluruh siswa, sejumlah 112 orang siswa.

Psikotes diawali oleh level kelas 1 yang dibagi sesuai waktunya, 1 jam untuk setiap siswa. Sehingga dari jam 08.00 – 17.00 Wita setiap harinya, sebanyak 56 siswa yang menjalani psikotes.

Kehadiran siswa harus didampingi oleh ayah atau bundanya, sembari mengisi angket yang telah disediakan oleh Tester. Orang tua juga bisa secara langsung melihat proses berlangsungnya kegiatan tersebut tanpa menganggu jalannya psikotes siswa, sesuai jadwal putra/i-nya.

Psikotes dilakukan guna mengukur aspek individu secara psikis atas berbagai kemungkinan dalam bermacam-macam kemampuan mental siswa dan faktor-faktor yang mendukungnya, termasuk prestasi dan kemampuan, kepribadian, gaya belajar serta minat bakatnya.

Setelah psikotes usai, sekolah akan memiliki informasi penting dan berharga tentang kondisi kemampuan siswanya, sehingga informasi yang berharga ini membawa manfaat bagi guru untuk menerapkan metode mengajar yang tepat dan sesuai dengan gaya belajar siswa, lalu memudahkan guru dalam mengarahkan siswa berkembang dan berprestasi sesuai dengan potensinya masing-masing.

Semoga ini menjadi ikhtiar sekolah yang akan berdampak sekaligus tampak pada kesuksesan siswa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here