Praya (22/10) — Semenjak mas menteri mengeluarkan kebijakan untuk mentiadakan ujian nasional, sekolah-sekolah mungkin sedang mempersiapkan bentuk asesmen sebagai pengganti ujian nasional yang diserahkan ke masing-masing sekolah. Sebagaimana SDIT anak Sholeh Praya yang saat ini sedang merancang bentuk asesmen yaitu dalam bentuk Karya Ilmiah Anak. Namun, sebelum terjun langsung ke lapangan, tentunya ada beberapa hal yang sangat perlu dipersiapkan untuk menunjang hal tersebut. Salah satunya yaitu mempersiapkan pengetahuan para guru tentang Karya Ilmiah Anak dari aspek psikologi anak, bahasa anak dan metode penelitian yang relevan dengan usia anak SD kelas 6. Oleh karena itu, pihak sekolah SDIT Anak Sholeh Praya mengadakan Zoominar guru SD Se-Lombok Tengah, pada hari Selasa (20/10) jam 09.30-12.00 wita, dengan tema “Menakar Kemampuan Anak Usia SD Kelas 6 dalam Menyusun Karya Ilmiah Anak sebagai Salah Satu Syarat Kelulusan”.

Peserta mencapai 60 orang, tidak hanya dari Lombok tengah, tetapi dari luar Lombok seperti Depok dan Jogjakarta juga turut bergabung. Zoominar diisi oleh 3 pemateri hebat, yang ahli dalam bidangnya.

  1. Ustadz Lalu Yulhaidir, M.Psi, Psikolog yang menyampaikan tentang perkembangan bahasa anak usia SD kelas 6 dari sudut pandang psikologi anak.
  2. Ibu Mulabbiyah, M. Pd yang menyampaikan tentang metodologi penelitian karya ilmiah anak usia SD kelas 6.
  3. Bapak Dr. Johan Mahyudi, S.Pd., M.Pd yang menyampaikan tentang kemampuan menulis karya ilmiah anak usia SD kelas 6.

Penyampain ketiga pemateri tersebut sangat runtut dan sistematis, sehingga setiap sekolah juga berkesempatan untuk menyiapkan siswanya sejak dini dalam menggali kemampuannya untuk membuat atau menghasilkan produk berupa sebuah karya ilmiah.

Dengan harapan bahwa ilmu yang didapat dari zoominar ini, akan dapat diterapkan atau diaplikasikan di setiap instansi sekolah, khususnya di tingkat SD.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here