Praya (19/9) — Sungguh Allah telah menciptakan segala sesuatu di muka bumi ini tidak dengan sia-sia. Sekecil apapun ciptaan itu di mata manusia, tersirat manfaat bagi keberlangsung kehidupan manusia. Misalnya, tumbuhan dan hewan diciptakan tidak begitu saja tanpa ada manfaat untuk mahkluk hidup lainnya. Kedua makhluk hidup ini dijadikan sebagai sumber kehidupan bagi manusia. Sehingga Allah meminta kits untuk memperhatikan sejenak akan ciptaannya. Sebagaimana dalam Al-Qur’an surah Abasa ayat 24-32 Allah berfirman “Maka hendaklah manusia itu memperhatikan makanannya. Sesungguhnya Kami benar-benar telah mencurahkan air (dari langit, kemudian Kami tumbuhkam biji-bijian di bumi itu, anggur dan (yang) lebat, dan buah-buahan serta rumput-rumputan, untuk kesenangan dan untuk binatang-binatang ternakmu”. Begitulah sifat rahman rahimnya Allah kepada hamba-Nya.

Tumbuhan dan hewan tercipta dengan segala kandungan di dalamnya, seperti vitamin, karbohidrat, lemak, serat dan kandungan protein nabati. Sedangkan pada binatang, manusia memperoleh manfaat lemak dan protein hewani. Selain kandungan dan manfaat, ananda juga memperdalam pemahaman tentang ciri-ciri dan habitat tumbuhan dan hewan yang ditemukan di lokasi secara kontekstual.

Perihal itulah yang dipelajari oleh siswa kelas 6 Abu Bakkar dan Abdurrahman SDIT Anak Sholeh Praya hari Rabu, 18 september 2020 di Bendungan Batu Jai, Lombok Tengah dalam kegiatan  Outdoor Learning. Siswa melakukan pengamatan terhadapa tumbuhan dan hewan yang ada di lingkungan yang bertempat di lokasi Outdoor, tujuannya adalah supaya ananda mengetahui dan memahami manfaat serta kandungan yg terdapat pada tumbuhan dan hewan. Tidak sampai di sini, ananda juga ditugaskan untuk menyajikan makanan 4 sehat 5 sempurna untuk ayah dan bunda sebagai tindak lanjut dari pembelajaran ini. Sebagai bahan evaluasi, ananda diminta untuk menjawab lembar LKPD tentang ciri-ciri, habitat, kandungan dan manfaat dari tumbuhan dan hewan berdasarkan menu makanan yang dibawa ananda hari itu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here