Praya (19/9) — Mengurangi kejenuhan Ananda dalam proses pembelajaran selama setengah semester di masa pandemi, Rabu, 16 September 2020 SDIT Anak Sholeh Praya mengadakan Green Therapy dengan agenda Outdoor Learning. Kali ini, Outdoor Learning untuk kelas 4 diisi dengan 3 kegiatan inti yaitu; mengenal jenis-jenis Tanaman Obat Keluarga (TOGA), membuat minuman sehat (Serbat Kelapa Muda), dan menyelesaikan LKPD. Kegiatan berlangsung di tempat kelompok belajar (KeJar) masing-masing.

Ananda sangat antusias mengenal Tanaman Obat Keluarga (TOGA). Ternyata tanaman yang banyak tumbuh di sekitar rumah Ananda sangat berguna dan dapat dimanfaatkan sebagai obat keluarga seperti jahe, kunyit, sereh, jeruk nipi, sirih, lidah buaya dan kumis kucing. Selain mengetahui manfaat dari tanaman obat, Ananda juga belajar cara mengolah tanaman-tanaman tersebut secara sederhana untuk menjadi obat keluarga.

Kegiatan kedua adalah yang paling ditunggu-tunggu Ananda. Membuat minuman sehat (Serbat Kelapa Muda) sangat mudah dan meyenaangkan. Bahan-bahan untuk membuat Serbat Kelapa Muda antara lain; air putih, jahe, gula merah, kayu manis, daun pandan, jeruk nipi dan daging kelapa muda yang sudah diserut. Cara mengolahnya pun mudah, sehingga Ananda bisa membuatnya secara mandiri di rumah untuk keluarga. Serbat Kelapa Muda tidak hanya menyehatkan, rasanya juga sangat nikmat apalagi ditambah perasan jeruk nipis membuatnya terasa lebih segar.

Usai mengenal jenis-jenis tanaman obat dan membuat Serbat Kelapa Muda, Ananda selanjutnya menyelesaikan LKPD terkait kegiatan hari itu. Sebagai tindak lanjut dari kegiatan ini, Ananda diminta untuk membuat dan menyajikan minuman sehat untuk orang tua mereka di rumah. Dari kegiatan Outdoor Learning kali ini, Ananda diharapkan dapat mengenal dan memanfaatkan tanaman-tanaman di sekitar lingkungannya sebagai pertolongan pertama atau obat bagi keluarga. Selain itu Ananda juga diharapkan bisa mensyukuri nikmat Allah berupa aneka tumbuhan yang diciptakan untuk umat manusia terutama Tanaman Obat Keluarga (TOGA).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here