Praya (19/9) – Kegiatan Outdoor Learning adalah kegiatan yang biasa dilakukan oleh masing-masing level kelas setiap sekali semester dengan tujuan bahwa siswa bisa mendapatkan wawasan yang lebih luas. Secara umum Outdoor Learning menuntut setiap siswa belajar secara langsung dengan kegiatan khsusus yang telah dirancang oleh wali kelas secara terjadwal dan tersusun. Level kelas 3 mengambil tema tentang “Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup serta Manfaatnya dalam Kehidupan Sehari-hari,” sehingga kegiatan dipilih adalah membuat salah satu makanan sehat yaitu jagung susu keju (jasuke). Kegiatan berlangsung di tempat kelompok kejar (KeJar), pada hari Rabu (16/9).

Proses pembuatan jasuke sangat sederhana dengan bahan dasar yang mudah didapatkan, antara lain jagung, susu dan keju. Tahap pembuatannya dimulai dari merebus jagung, kemudian melibatkan siswa mengirisnya dan di taruh dalam baskom. Setelah semua jagung diiris, susu dituang secukupnya dan keju di parut sesuai selera. Terakhir semua bahan di aduk dan dibagi ke siswa yang sebelumnya telah membaga gelas dan sendok masing-masing.

Manfaat jagung sendiri sangat baik untuk kesehatan, diantaranya jagung mengandung serat sehingga baik untuk pencernaan, mengandung vitamin B12, asam folat dan zat besi yang bisa menghindarkan dari amenia atau kekurangan darah, jagung juga sebagai sumber energi karena termasuk jenis karbohidrat kompleks sehingga dapat memberikan rasa kenyang lebih lama serta mengandung mineral seperti magnesium, zat besi dan posfor yang diperlukan untuk kesehatan tulang. Menindak lanjuti kegiatan Outdoor Learning, siswa dibekali polybag dan benih untuk ditanam dan dirawat di rumah sebagai bentuk aplikasinya serta mencatat perkembangannya setiap hari selama sepekan.

Dengan demikian, kegiatan tersebut sangat penting untuk menjaga kedekatan atau kerja sama antar siswa supaya kompak. Diharapkan juga setelah penyampaian materi terkait kandungan makanan yang dibawa siswa dan praktek yang dilakukan secara langsung oleh siswa dalam pembuatan jasuke dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari serta siswa dapat menyadari bahwa adanya manfaat dari tumbuhan dan hewan yang ada di sekitar merupakan bentuk kasih sayang Allah yang patut disyukuri dan dimanfaatkan sebaik-baiknya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here