Praya (19/9) — Belajar tidak hanya dilakukan di dalam kelas, tetapi  belajar di luar kelas juga dapat menunjang pemebelajaran siswa. Proses belajar seperti ini akan meningkatkan semangat belajar dan mengatasi kejenuhan. Serta memotivasi dimana siswa tidak hanya berinteraksi dengan satu sumber belajar saja tetapi bisa belajar dari pengalaman dan interaksinya dengan lingkungan yang dikunjungi. SDIT Anak Sholeh Praya mencetuskan program Outdoor Learning. Program ini diperuntukkan bagi semua siswa agar proses belajar semakin menyenangkan. Program ini rutin dilaksanakan setiap semester.

Kepala sekolah SDIT Anak Sholeh Praya, Baiq Fitriah, S.Pd. mengatakan bahwa program Outdoor Learning ini sangat penting untuk merefresh kembali semangat belajar siswa. Suasana alam terbuka sangat mendukung semangat siswa dan melepas kejenuhan selama BDR di masa pandemi Covid-19.

Rabu, 16 September 2020 di Tunjeng Beru, Batujai adalah tujuan Outdoor Learning siswa kelas 2 SDIT Anak Sholeh Praya. Lokasi ini berada di pinggiran kota Praya. Sebuah taman yang di dalamnya terdapat beraneka tanaman bunga yang indah dipandang. Pohon-pohon yang lebat dan menjulang tinggi menambah suasana teduh. Sehingga siswa dan siswi merasa nyaman dan betah belajar di tempat ini.

Kegiatan Outdoor Learning kali ini membahas tema tentang karya imajinasi tiga dimensi dari bahan alam.. Dengan antusias, para siswa mengumpulkan dedaunan kering, bunga, dan ranting-ranting kecil. Kemudian bahan-bahan alam ini ditempel pada bingkai foto. Selain itu juga, para siswa mengamati benda-benda di lingkungan sekitar dan menentukan ciri-ciri dan kegunaannya. Sambil berjalan-jalan mengelilingi taman, mereka berdiskusi membahas ciri-ciri dan kegunaan benda yang mereka temukan.

Canda dan tawa terlihat jelas di raut wajah manis mereka. Menggambarkan bahwa belajar di alam terbuka sangatlah berguna dan menyenangkan. Sebagaimana pepatah mengatakan experience is the best learning dan learning by doing, yang keduanya memberikan pengalaman langsung kepada anak didik kita.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here