Praya (29/07) – Menjalani proses pembelajaran di masa pandemi mengharuskan para pendidik untuk terus mencari pengetahuan sebanyak-banyaknya demi mewujudkan tujuan dan harapan sekolah. Berbagai webinar diikuti dan diselenggarakan untuk mendukung pencapaian tersebut. Salah satunya adalah webinar “Pelatihan Guru SD Lombok Tengah” yang diisi oleh Dr. Syamsudin Hadi, M.Pd (Widyaiswara LPMP NTB) dengan topik “Pelatihan Analisis Konsep Esensial Kurikulum 13 Jenjang SD dan Pembuatan Modul Efektif”. Webinar berlangsung hari Rabu (29/7) dan dihadiri oleh guru-guru dari beberapa kecamatan di Lombok Tengah, memuat 100 peserta karena beberapa sekolah mengikuti webinar bersama secara serentak.

Materi yang disampaikan oleh Pak Syamsudin sangat relevan dengan situasi dan kondisi masalah belajar di rumah (BDR) terutama di masa sekarang. Proses yang terus berlangsung menuntut para pendidik untuk berinovasi mengikuti kondisi di daerah masing-masing.

“Kita tidak memungkinkan melakukan pembelajaran seperti biasanya dengan situasi yang berbeda, maka karena itulah kita harus melakukan adaptasi dan konstektualisasi , termasuk adaptasi rancangan pembelajaran, bahan ajar dan juga kegiatan analisis yang dibutuhkan. Demikian hal tersebut dalam rangka mewujudkan pembelajaran yang efektif, efisien dan operasional, “ Ujar Pak Syamsudin.

Proses pembelajaran tatap muka yang belum bisa dilaksanakan dengan kondisi saat ini maka membutuhkan tambahan bahan ajar berupa modul selain dari buku paket siswa. Untuk pembuatan modul yang efektif, maka para pendidik harus melakukan analisis konsep esensial sehingga sinkron dengan modul dan pencapaian materi yang ditargetkan oleh sekolah di masing-masing level.

Jadi, bimbingan dari Pak Syamsudin sangat tepat dengan menyeseuaikan kebutuhan para pendidik dalam menganalisis konsep esensial dan merancang pembuatan modul sebagai bahan ajar yang efektif dalam proses pembelajaran Daring-Luring peserta didik. Semoga dengan adanya webinar ini, para pendidik bisa terbantu dan dimudahkan dalam memberikan pelayanan terbaik kepada peserta didiknya. Aamiin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here