Online Training SDIT Anak Sholeh Praya, “Merancang PJJ Yang Menarik dan Bermakna”

0
2

Praya (24/7) – Dalam rangka meningkatkan kualitas Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) siswa di tahun pelajaran 2020/2021, SDIT Anak Sholeh Praya mengundang pembicara dari Kepala Dept Penjaminan Mutu Pendidikan JSIT Indonesia, Ibu Shintawati, S.Si.,M.Pd. Pelatihan dilaksanakan secara online pada Kamis (16/7) di Aula SDIT Anak Sholeh Praya, dan dihadiri oleh semua guru dengan tema “Merancang PJJ Yang Menarik dan Bermakna.”
Dalam pelatihan ini, semua guru sebagai peserta mendapatkan pembekalan terkait PJJ yang akan diterapkan di masa pandemi dan akan mulai aktif dilaksanakan pekan berikutnya setelah siswa menjalani MPLS secara daring.

Mengawali materinya, Ibu Shinta menjelaskan fokus utama Sekolah Islam Terpadu (SIT) yang berlandaskan Al Qur’an. Sehingga mencerminkan perilaku dzikir dan fikir sampai akhirnya menjadikan seorang manusia sebagai imamul muttaqien yang dimaknai sebagai imam orang-orang yang bertakwa.

Pemaparan materi dari Ibu Shinta dimulai dari penegasan bahwa dalam masa PJJ, kompetensi dan konten pembelajaran sangat penting untuk diperhatikan. Oleh karena itu kurikulum adaptif di masa pandemi bersifat relaksasi dan fleksibel yang kemudian berorientasi pada kompetensi. Hal tersebut berhubungan pula dengan langkah merancang materi yang diajarkan selanjutnya dengan menganalisis materi esensial sesuai karakteristiknya yang memenuhi beberapa kriteria, yaitu keberlanjutan, kemanfaatan dan keterkaitan.

Dengan adanya deskripsi materi yang disampaikan oleh Ibu Shinta, semua guru mendapatkan pengalaman belajar yang cukup menarik dalam mendesain PJJ yang menarik dan bermakna, contohnya dalam pembuatan modul sebagai bahan belajar siswa selain mengikuti kelas daring.

Tentunya untuk mewujudkan PJJ yang demikian butuh usaha yang lebih, sehingga khususnya Baiq Fitriah, selaku kepala sekolah berharap semua guru bisa menjadi tim yang unggul dan produktif, serta dapat menciptakan PJJ yang nyaman dan dinikmati oleh siswa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here