OKUB Gelombang I SDIT Anak Sholeh Praya TA. 2017/2018

OKUB Gelombang I SDIT Anak Sholeh Praya TA. 2017/2018

Kegiatan OKUB (Observasi Kematangan Usia Belajar) gelombang pertama calon siswa baru SDIT Anak Sholeh Praya telah diselenggarakan dengan lancar dan sukses pada hari Sabtu, tanggal 1 April 2017.Kegiatan OKUB ini merupakan rangkaian dari acara kegiatan PSB (Penerimaan Siswa Baru) Tahun Ajaran 2017/2018.

Kegiatan OKUB ini diikuti oleh 57 calon siswa baru yang merupakan alumni dari TK/RA yang berasal dari berbagai kecamatan di Lombok Tengah ini. Diantaranya dari kecamatan Kopang, Praya Barat, Praya Tengah, Batukliang dan Jonggat.

 

Adapun Tujuan umum dari Pelaksanaan kegiatan OKUB ini adalah untuk mengatahui kesiapan ananda memasuki usia SD (Sekolah Dasar). Di samping itu juga, hasil observasi OKUB ini akan dijadikan sebagai data awal bagi guru dan orang tua dalam memetakan potensi yang ananda miliki dan selanjutnya akan dikembangkan selama mengikuti pendidikan 6 tahun di Sdit Anaksholehpraya.

 

Beberapa tahapan yang dilakukan pada observasi ini adalah

  1. Observasi minat bakat calon siswa, menggali modalitas belajar yang mereka miliki,
  2. Test kemampuan baca Al-Qur’an, dan
  3. CaLisTung (Baca Tulis Hitung).

Kegiatan ini juga dirangkai dengan Wawancara calon wali siswa baru.

 

Kegiatan OKUB Gelombang I ini dibagi dalam 2 sesi waktu. Yakni sesi 1 mulai jam 08.00 – 10.00 wita yang diikuti oleh pendaftar nomor urut 1-40 dan sesi 2 mulai jam 10.00 – 12.00 yang diikuti oleh pendaftar dengan nomor urut 41-57.

 

Anak-anak terlihat antusias mengikuti tahap demi tahap observasi tersebut walaupun ada satu dua calon siswa yang terlihat masih harus didampingi ortu pada saat observasi berlangsung. Ada yang berbeda pada OKUB tahun ini dari sebelumnya, yakni Observasi motorik kasar ananda berupa menendang bola, lompat tali dan melempar-menangkap bola. Sesi ini paling disukai oleh anak-anak.

Besar harapan kami dari pihak sekolah, kegiatan OKUB ini akan menjadi awal yang baik bagi ananda kita yang akan melanjutkan pendidikan Sekolah Dasar di SDIT Anak Sholeh Praya guna menjadikan mereka pribadi muslim yang sholeh dan berprestasi, sukses di dunia dan akhirat. Tentunya harapan ini akan terwujud dengan kerjasama yang baik dan saling menguatkan antara guru di sekolah dan orang tua di rumah. Insya Alloh…!!

 

 

 

 

Share this post