Ciri-Ciri Sekolah Yang Berkualitas

Ciri-Ciri Sekolah Yang Berkualitas

Bagi Orang tua, mencari sekolah berkualitas adalah sebuah pertaruhan. Alih-alih ingin sang buah hatinya menjadi anak yang berkarakter, bisa jadi malah jadi korban promosi belaka. seringkali para Ortu juga terlena pada label “terakreditasi A” yang terpampang di sebuah sekolah. Bisa juga tergiur dengan aneka foto kegiatan dan fasilitas yang terpampang di brosur atau nampak terlihat megah di lingkungan sekolah tsb.

Tidak salah memang, jika para Ortu menjadikan hal-hal tersebut di atas sebagai salah satu indikator dalam memilih sekolah bagi buah hati tercinta. Namun sangat bijaksana jika dapat sedikit mengeksplorasi informasi dan menggali lebih dalam mengenai sejumlah fasilitas yang ditawarkan dan beraneka prestasi yang diunggulkan dari sekolah yang hendak dijadikan tempat terbaik bagi pendidikan putra/i tersayang.

Mengapa perlu mengeksplorasi lebih dalam? apakah sekolah akan memberikan informasi tsb? Ada ungkapan The Man Behind The Gun yang mengajak kita untuk mengetahui apa dan siapa yang memegang kendali. Di sekolah ada Guru, pimpinan sekolah dan pengelola (yayasan atau PT). Beberapa hal yang layak dieksplorasi para ortu di antaranya :

  1. Bagaimana cara sekolah mencapai Visi dan Misi yang telah dicanangkan
  2. Apakah ada jaminan kualitas dari sekolah sehingga anak didiknya mencapai visi dan misi yang dicita-citakan
  3. Apakah sekolah memiliki SOP yang berlaku dan mengalami revisi sesuai kebutuhan?
  4. Bagaimana masing-masing peran Guru, Pimpinan Sekolah dan Pengelola dalam mencapai kualitas pendidikan bagi peserta didik.
  5. Adakah proses pengembangan dan peningkatan prestasi kerja Guru yang berkesinambungan dan berkelanjutan?
  6. Adakah hasil-hasil riset yang dikembangkan di sekolah
  7. Apakah fasilitas yang ada berhasil dikelola untuk sebesar-besarnya bagi peningkatan kualitas anak didik dan kreatitias para Guru?
  8. Berapa persen siswa yang berprestasi secara akademik mamupun non akademik? Dsb.

Salah satu sekolah yang menjadikan MUTU sebagai panglima dalam penyelenggaraannya, maka mereka akan memeberikan informasi yang jelas dan akurat, sehingga para Ortu akan merasakan sajian yang Well Informed.

Berikutnya, di bawah ini adalah panduan memilih sekolah yang berkualitas, sangat cocok bagi para Ortu yang kini sedang hunting sekolah bagi anak-anaknya. Bagi seorang Guru atau Pengelola Pendidikan, panduan ini juga sangat bermanfaat, untuk mengukur sejauh mana sekolah tempatnya mengajar atau sekolah yang dikelolanya memiliki standard yang prima dan berkualitas.

Merujuk pada pemikiran Edward Sallis, Sudarwan Danim (2006) dalam bukunya Visi Baru Manajemen Sekolah: Dari Unit Birokrasi ke Lembaga Akademik,  mengidentifikasi 13 ciri-ciri sekolah bermutu, yaitu *:

  1. Sekolah berfokus pada pelanggan, baik pelanggan internal maupun eksternal.
  2. Sekolah berfokus pada upaya untuk mencegah masalah yang muncul , dengan komitmen untuk bekerja secara benar dari awal. Umumnya ditunjukkan dengan adanya SOP.
  3. Sekolah memiliki investasi pada sumber daya manusianya, sehingga terhindar dari berbagai “kerusakan psikologis” yang sangat sulit memperbaikinya. SDM dipandang sebagai aset yang di maintain, bukan alat yang kapan saja bisa diganti.
  4. Sekolah memiliki strategi untuk mencapai kualitas, baik di tingkat pimpinan, tenaga pendidik, maupun tenaga administratif. Penyelengaraan Training yang berjenjang dan berkelanjutan adalah salah satu ciri kuatnya.
  5. Sekolah mengelola atau memperlakukan keluhan sebagai umpan balik untuk mencapai kualitas dan memposisikan kesalahan sebagai instrumen untuk berbuat benar pada masa berikutnya. Keluhan customer dipandang sebagai “perhatian” bukan kritikan
  6. Sekolah memiliki kebijakan dalam perencanaan untuk mencapai kualitas, baik untuk jangka pendek, jangka menengah maupun jangka panjang.
  7. Sekolah mengupayakan proses perbaikan dengan melibatkan semua orang sesuai dengan tugas pokok, fungsi dan tanggung jawabnya.
  8. Sekolah mendorong orang dipandang memiliki kreativitas, mampu menciptakan kualitas dan merangsang yang lainnya agar dapat bekerja secara berkualitas.
  9. Sekolah memperjelas peran dan tanggung jawab setiap orang, termasuk kejelasan arah kerja secara vertikal dan horozontal.
  10. Sekolah memiliki strategi dan kriteria evaluasi yang jelas.
  11. Sekolah memandang atau menempatkan kualitas yang telah dicapai sebagai jalan untuk untuk memperbaiki kualitas layanan lebih lanjut.
  12. Sekolah memandang kualitas sebagai bagian integral dari budaya kerja.
  13. Sekolah menempatkan peningkatan kualitas secara terus menerus sebagai suatu keharusan

Nah, demikianlah sharing mengenai ciri-ciri sekolah berkualitas, semoga dapat memandu para ortu, Guru dan Para pengelola pendidikan agar mendapatkan atau menjadikan sekolah yang berkualitas

Share this post